Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Gresik Gelontorkan Dana Rp 6 Triliun

Kompas.com - 26/11/2013, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) sudah menyiapkan sejumlah ekspansi pada tahun depan. Demi mencapai tujuan itu badan usaha milik negara (BUMN) ini pun dapat menyiapkan dana hingga Rp 6 triliun.

Dwi Soetjipto, Direktur Utama SMGR mengatakan, saat ini sudah menyiapkan dana belanja modal (capital expenditure) sekitar Rp 4 triliun - Rp 5 triliun.

"Dana itu belum termasuk ekspansi ke Myanmar dan Bangladesh. Kalau termasuk itu (ekspansi ke luar negeri) maka totalnya sekitar Rp 6 triliun," ujarnya usai acara Forbes Award di Hotel Indonesia Kempinski, Senin malam (26/11/2013).

Dwi merinci, penggunaan dana belanja modal tersebut sebesar Rp 2 triliun - Rp 3 triliun untuk pembangunan pabrik baru yang ada di Rembang dan Padang. Kemudian pembangunan dua pabrik penggilingan Rp 500 miliar - Rp 1 triliun, serta distribusi dan transportasi sebesar Rp 500 miliar.

Dia juga meyakini dari nilai belanja modal tersebut sebagian besar dananya masih dapat dipenuhi dari kas internal. "Kalau Rp 4 triliun kami dapat penuhi dari internal. Tapi kalau di atas Rp 5 triliun baru cari tambahan dari eksternal," kata Dwi.

Sebagai informasi, saat ini SMGR juga masih mencari mitra untuk melakukan ekspansi bisnis ke Myanmar dan Bangladesh. (Oginawa R Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com