Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Barat Jadi Konsumen Terbesar Minyak Kelapa Sawit

Kompas.com - 28/11/2013, 20:42 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pelaksanaan konferensi Internasional Kelapa Sawit yang digelar di Bandung, Jawa Barat, cukup beralasan. Pasalnya, Jawa Barat merupakan pangsa pasar atau konsumsi kelapa sawit dan minyak goreng terbesar di Indonesia.

"Konferensi ini cukup beralasan dilaksanakan di Bandung karena Jawa Barat merupakan pangsa pasar kelapa sawit terbesar di Indonesia," kata Heryawan di Bandung, Kamis (28/11/2013).

Meskipun sebagai konsumen terbesar produk olahan kelapa sawit, perkebunan kelapa sawit di Jawa Barat sangat sedikit. Heryawan mengaku pesimistis untuk mengembangkan kelapa sawit di Jawa Barat.

"Tidak mungkin Jawa Barat mengembangkan produksi kelapa sawit karena lahannya tidak ada, dan lahan di Jawa Barat untuk kelapa sawit tidak seluas lahan di Kalimantan," ujarnya.

Sebagai terobosan, Jawa Barat mempunyai andalan di bidang teh, karena perkebunan penghasil komoditas itu berada di Jawa Barat dan yang kedua adalah kopi.

"Teh dan kopi adalah terobosan Jawa Barat. Jawa Barat penghasil terbesar di Indonesia kalau bicara soal teh, Jawa Barat tidak ada yang mengalahkan, semua teh di Indonesia datangnya dari Jawa Barat. Kalau kelapa sawit kita akui, Jawa Barat merupakan konsumen terbesar kelapa sawit di Indonesia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com