Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Soroti Kebijakan Pemerintah dan BI yang Tidak Jalan

Kompas.com - 29/11/2013, 10:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang terus merosot menunjukkan bahwa 4 Paket Regulasi yang dikeluarkan Pemerintah ditambah dengan kebijakan menaikkan suku bunga BI rate tidak efektif.

"Kenaikan BI rate justru memukul sektor riil, kredit Perumahan dan UMKM dan mendorong bertambahnya pengangguran karena beberapa perusahaan kemungkinan bangkrut," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azhar Azis, Jumat (29/11/2013).

Politisi Parta Golkar ini menyatakan masih belum terlihat efek kebijakan pemerintah soal krisis itu. "Kebijakan yang seharusnya diambil adalah penekanan impor dan BI serta pemerintah berkoordinasi agar supply dollar dipaksa harus ditanam di sistem perbankan Indonesia dari semua hasil ekspor Indonesia," lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, nilai tukar rupiah merosot drastis dalam beberapa hari terakhir. Data perdagangan Valuta Asing (Valas) Bloomberg mencatat kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan Kamis (28/11/2013) bertengger di level 12.018 atau ambruk 132 poin (1,11 persen) dibandingkan penutupan sehari sebelumnya. (Hasanudin Aco)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com