Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Perkasa Terhadap mata Uang Asia

Kompas.com - 05/12/2013, 12:03 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Dollar AS perkasa di Asia pada hari ini, Kamis (5/12/2013), menyusul data-data perekonomian Amerika Serikat mulai membaik dan bisa menjadi pertimbangan bagi Federal Reserve memangkas stimulus perekonominannya.

Terhadap yen, dollar AS berada di level 102.34 yen pada perdagangan tengah hari ini, atau menguat tipis dari perdagangan sehari kemarin, yang berada di posisi 102.32 yen.

Adapun, nilai tukar rupiah pada siang hari ini juga melemah sebesar 0,33 persen menjadi Rp 12,25 per dollar AS.

Dollar AS menguat mulai kemarin, setelah perusahaan payrolls yang berbasis di AS, ADP melaporkan penyerapan tenaga kerja oleh perusahaan swasta di Amerika Serikat mengalami kenaikan pada November, yakni mencapai 215.000 lapangan kerja baru.

Data perekonomian AS lain yang juga membaik adalah naiknya angka penjualan rumah baru serta mengecilnya defisit neraca berjalan.

Para pialang masih menunggu laporan Federal Reserve, yang menggambarkan secara umum kondisi perekonomian di negara tersebut. Tingginya jumlah serapan tenaga kerja yang dilaporkan pekan lalu memunculkan spekulasi bahwa masa tapering off oleh the Fed A akan dimulai.

Di sisi lain, pasar juga berspekulasi mengenai kebijakan baru yang akan diambil oleh Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB), setelah pada bulan lalu memangkas suku bunga acuannya di level terendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com