Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Direktur BTN Mengundurkan Diri

Kompas.com - 11/12/2013, 17:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Dua orang direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dikabarkan mengundurkan diri setelah tak lolos uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI).

Dua orang direktur yang mengundurkan diri adalah Evi Firmansyah dan Saut Pardede. Selain itu, BI juga belum menyetujui dua direksi BTN lainnya, yakni Mas Guntur Dwi S dan Poernomo.

"Benar, empat orang direktur tak lolos fit and proper test. Masalah fit and proper test itu wewenang BI," kata Direktur Utama BTN Maryono ketika dihubungi wartawan, Rabu (11/12/2013).

Dalam keterangan resmi pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), menindaklanjuti hasil fit and proper test, terhitung sejak 6 Desember 2013 Evi dan Saut tidak dapat melanjutkan tugasnya sebagai anggota direksi perseroan. Di samping itu, BI belum dapat menyetujui Guntur dan Poernomo sebagai direktur perseroan.

Lebih lanjut, Maryono menjelaskan, tindakan berikutnya yang diambil perseroan adalah pihaknya akan mengusulkan kepada pemegang saham pengendali untuk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dalam waktu dekat.

Selama menunggu RUPSLB tersebut, lanjutnya, perseroan akan tetap beroperasi dengan tiga orang direksi. Berdasarkan hasil fit and proper test tersebut, maka sejak tanggal 6 Desember 2013 anggota direksi yang berwenang melakukan tindakan sebagai anggota direksi perseroan adalah Maryono sebagai Direktur Utama, Irman A Zahiruddin sebagai Direktur, dan Mansyur S Nasution sebagai Direktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com