Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Janjikan Lahan untuk 3 Ruas Tol Bebas 2014

Kompas.com - 12/12/2013, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menawarkan tiga proyek jalan tol dengan berskema Public Private Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). Ketiga proyek tol itu adalah Medan-Binjai dengan nilai investasi Rp 1,293 triliun, Pandaan-Malang sebesar Rp 3,99 triliun, dan Manado-Bitung sebesar Rp 4,1 triliun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Achmad Gani Ghazali mengungkapkan persiapan terhadap tiga proyek PPP itu sudah dilakukan sehingga investor berminat untuk ikut dalam proyek ini. "Pemerintah mendukung mulai dari dana pembebasan tanahnya," ujar Gani, Kamis (12/12/2013).

Gani mengungkapkan, untuk ruas Medan-Binjai sudah ada komitmen dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II untuk membebaskan lahan mereka. Pasalnya 12 kilometer (km) atau sekitar 70 persen tanah untuk ruas tol ini adalah milik PTPN II. "Jika sesuai rencana, diharapkan pada 2017 tol ini bisa beroperasi," ujarnya.

Sementara itu, untuk ruas tol Manado-Bitung lahannya akan dimulai dari Manado-Airmadidi sepanjang 13,5 km. Proyek ini akan dilelang pada tahun depan. Sedangkan sisanya akan dilakukan sambil jalan.

Menurut Gani, selama ini tanah ruas tol ini dibebaskan lewat dana APBD Sulawesi Utara. "Untuk Manado-Airmadidi itu sudah 30 persen tanah yang bebas dan 2014 diharapkan bisa selesai semua," katanya.

Khusus untuk Manado-Bitung ini, BPJT telah meminta Menteri Keuangan untuk memberi dukungan melalui Viability Gap Fund (VGF) atau dana pendamping. Gani menjelaskan, ruas Manado-Bitung ini penting untuk segera dibangun karena Bitung akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk wilayah Indonesia Timur.

Adapun ruas terakhir yakni Pandaan-Malang yang saat ini pembebasan tanahnya sudah 12 persen. "Kita harapkan tahun 2014 pembebasan lahan 3 ruas tol ini selesai seluruhnya," kata Gani.

Kasubdit Pengadaan Lahan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Achmad Herry Marzuki memprediksi dua ruas tol yakni Medan-Binjai dan Pandaan-Malang, pembangunannya akan lebih mudah ketimbang ruas Manado-Bitung. "Selama ini yang pembebasan lahan pakai dana APBD dan itu jumlahnya terbatas," kata Herry.

Sedangkan untuk ruas Medan-Binjai saat ini memang pembebasannya masih 0 persen, tapi PTPN II tampaknya tertarik untuk ikut serta dalam proyek ini. Sedangkan 4 km sisanya yang merupakan milik masyarakat, akan mulai dibebaskan tahun depan.

Untuk ruas Pandaan-Malang, Herry bilang saat ini baru dilakukan di kabupaten Pasuruan saja dan tahun 2014 nanti akan dilakukan pembebasan secara sporadis di kabupaten Malang. "Sejatinya lokasi-lokasi di tiga ruas tol ini tidak ada bangunannya sehingga agak lebih mudah dibebaskan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com