Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BJB Syariah Incar Pasar Luar Negeri

Kompas.com - 13/12/2013, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank BJB Syariah akan berekspansi ke luar negeri. Unit Usaha Syariah  PT Bank Jabar Banten Tbk  itu tengah berencana untuk membidik pasar di Eropa.

Direktur Utama Bank BJB Syariah A Riawan Amin menuturkan bahwa ekspansi itu akan dilakukan karena adanya kemudahan perizinan di wilayah Eropa barat. Kebetulan Kedutaan Besar Indonesia setempat mendukung hal itu.

"Mereka sangat  welcome dengan rencana kami, makanya ini sebagai strategi perluasan kami juga untuk berekspansi," ujar Riawan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Sayangnya, Riawan enggan mengatakan apakah ekspansi itu dengan mendirikan cabang atau mendirikan perusahaan subsidiary yang merupakan patungan dengan pihak tertentu.

"Masih kami timbang, belum diputuskan, tetapi ekspansi ke Eropa masuk dalam RBB kami di 2014," katanya yang enggan menyebutkan lokasi negara yang ditujunya.

Menurut dia, ekspansi ke Eropa lebih logis dan masuk akal ketimbang ekspansi di wilayah Asean yang menurut dia tidak akan berguna banyak ketika menghadapi Asean Economic Community (AEC) pada 2015.

"Kalau ke Asean sudah bukan zamannya, peluang pasarnya juga kecil. Akan lebih baik jika ekspansi ke pasar Eropa yang masih terhitung baru," ujar Riawan. (Arif Wicaksono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com