Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, Rupiah Belum Punya Sentimen Penguat

Kompas.com - 16/12/2013, 07:39 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah berpotensi kembali melemah pada awal pekan ini, Senin (16/12/2013), melanjutkan kondisi sepanjang pekan lalu. Alih-alih memiliki sentimen positif dari domestik, mata uang Garuda mendapatkan rentetan sentimen negatif dari eksternal.

Masih positifnya rilis data-data AS membuat laju dollar AS terus menunjukkan penguatan. Data di Amerika pun diimbangi data dari China yang juga menguatkan nilai tukar yuan. China telah merilis kenaikan neraca perdagangan pada dua pekan lalu yang kemudian disusul data stabil inflasi pada pekan lalu.

Dari dalam negeri, menurut riset Trust Securities, rilis paket kebijakan ekonomi kedua pemerintah, yang mengatur barang-barang impor, sedikit ditanggapi positif karena dipersepsikan akan menahan permintaan atas dollar AS. Langkah itu pun diyakini mendorong perbaikan neraca perdagangan.

Nilai tukar rupiah kembali turun menjelang rapat dewan Gubernur Bank Indonesia yang berlangsung Kamis (12/6/2013). Sentimen eksternal terbaru adalah penantian terhadap pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) dengan didahului kesepakatan anggaran Amerika Serikat yang membuat dollar AS menguat.

Penguatan nilai tukar dollar AS bahkan melampaui laju kenaikan euro yang juga sedang membaik seiring perbaikan ekonomi di zona euro. Perbaikan ekonomi Amerika sontak membenamkan nilai tukar rupiah sampai ke bawah target support di level Rp 12.065 per dollar AS. Hari ini rupiah diproyeksikan ada di rentang Rp 12.105-12.072 per dollar AS dalam kurs tengah Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com