Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Sediakan 24.000 Kursi Tambahan

Kompas.com - 16/12/2013, 19:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Jelang Natal dan Tahun Baru, PT Garuda Indonesia Tbk akan menambah setidaknya 24.000 kursi tambahan.

"Kursinya kurang lebih 10 persen atau sekitar 24.000 kursi tambahan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emir saat ditemui di Wisma BNI, Senin (16/12/2013).

Periode hari raya Natal dan Tahun Baru ini, kata Emir, diperkirakan akan menyumbang tambahan pertumbuhan pendapatan perseroan sebesar 10 persen. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan berkurangnya daya beli akibat menguatnya mata uang dollar AS.

Terkait itu, Emir berpendapat kemungkinan rute dalam negeri akan berkontribusi lebih banyak.
"Kami melihat jangan (dibandingkan) dengan Lebaran-lah. Dibandingkan dengan tahun lalu, ini perkembangannya mungkin akan sedikit lebih tinggi, tetapi tidak setinggi kami antisipasi karena daya beli karena dollar AS meningkat. Jadi mungkin kami lihat bahwa nanti bepergian di dalam negeri lebih banyak," ujar Emir.

Dengan kondisi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, Emir mengatakan, situasi akan berat bagi industri. Ini lantaran sebagian besar beban operasional dalam mata uang dollar AS.

"Berat, semua airlines juga sama. Airlines, bukan Garuda saja, hampir 60 persen adalah biayanya dalam dollar AS, sedangkan yang sangat berdampak adalah airlines yang mempunyai rute-rute luar negeri. Karena rupiah itu depresiasi, dilihat dari year on year sudah hampir 14 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com