Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pertemuan The Fed, Harga Emas Berjangka Menguat

Kompas.com - 17/12/2013, 07:44 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin (16/12/2013) waktu setempat (Selasa pagi WIB). Investor mempertimbangkan nasib program pembelian obligasi Federal Reserve AS menjelang pertemuan bank sentral pekan ini.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 9,8 dollar AS, atau 0,79 persen, menjadi ditutup pada 1.244,4 dollar AS per ounce.

Menurut para analis pasar, keuntungan emas berasal dari short-covering menjelang pertemuan The Fed, serta pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi baru-baru ini bahwa kebijakan uang longgar ECB akan berlanjut jauh ke depan.

Setelah timemangkas program stimulus bulanan 85 miliar dollar AS pada September, beberapa analis pasar memprediksi bahwa The Fed akan mengumumkan pemotongan program pembelian obligasinya pada minggu ini. Pedagang juga telah mengikuti data ekonomi untuk petunjuk tentang langkah selanjutnya The Fed mengenai program stimulus.

Bank sentral AS akan melakukan pertemuan dua hari yang dimulai Selasa waktu setempat. Angka ekonomi positif umumnya mengangkat kemungkinan pengurangan stimulus. Data ekonomi AS yang dirilis pada Senin menunjukkan bahwa indeks kondisi manufaktur di wilayah New York sedikit pulih pada Desember.

Sementara perak untuk pengiriman Maret naik 49,7 sen, atau 2,54 persen, menjadi ditutup pada 20,101 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com