Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Bandara Halim Tak Tepat Layani Penerbangan Komersial

Kompas.com - 19/12/2013, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara Halim Perdanakusuma dinilai bukanlah bandara yang tepat untuk menampung penerbangan komersial dari Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Marsekal TNI (Purn), Chappy Hakim, ada tiga hal yang harus dicermati jika memindahkan sebagian penerbangan Soekarno-Hatta ke Halim.

"Pertama, Halim sebagai penerima tumpahan adalah sesuatu yang tidak fair karena diputuskan sepihak. Penambahan penerbangan di Halim mendegradasi air force space. Halim adalah air force space, tidak didesain untuk penerbangan komersial," cetus Chappy di Wisma Antara, Kamis (19/12/2013).

Alasan kedua, kata mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu, Halim merupakan bandara yang mempunyai special air mission, top secret, dan mempunyai high level security karena digunakan untuk penerbangan Kepala Negara dan wakilnya, serta tamu negara.

"Ketiga, Halim juga merupakan sub-sistem dari alutsista. Halim menjadi markas dari sistem keamanan nasional. Halim didesain lebih untuk perang, bukan untuk komersial," tuturnya.

"Halim tidak didesain untuk komersial, itu bisa dilihat dari tak ada akses yang bagus ke Halim, tak ada lapangan parkir yang luas, apronnya sempit dan sekarang saja sudah sempit. Halim hanya punya runway satu, sangat berbeda untuk commercial flight," tambahnya. (Danang Setiaji Prabowo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com