Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Prediksi Inflasi Desember 0,5 Persen

Kompas.com - 27/12/2013, 15:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi bulanan (month to month) Desember akan berada pada posisi di bawah 0,5 persen. Hal itu mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), di mana inflasi November berada pada posisi 0,12 persen.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan BI memprediksi inflasi pada minggu ketiga Desember 2013 berada pada posisi 0,36 persen. Angka itu dinilai Perry merupakan angka yang kecil.

"Prediksi kami inflasi bulanan akan di bawa 0,5 persen. Kecil," kata Perry di Kompleks Gedung BI, Jumat (27/12/2013).

Ditemui di kesempatan yang sama, Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan inflasi tahunan (year on year) diperkirakan akan berada pada posisi 8,5 persen. Perkiraan ini menurut dia merupakan koreksi atas perkiraan angka inflasi sebelumnya.

"Kami perkirakan inflasi year on year bisa dibawah 8,5 persen. Ini merupakan satu kerja sama yang baik. Kami (BI) juga bersyukur inflasi dijaga sesuai kendali dan selama dua bulan terakhir sudah ke kondisi normal dan bahkan lebih baik dibandingkan sebelumnya," ungkap dia.

Sekedar informasi, sejak awal tahun hingga November lalu inflasi sudah mencapai 7,79 persen. Pada November 2013, inflasi tahunan telah menembus posisi 8,37 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com