Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan KSEI Permudah Pembukaan Sub Rekening Efek

Kompas.com - 30/12/2013, 21:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan mempercepat proses pembukaan Sub Rekening Efek agar investor baru dapat lebih cepat melakukan transaksi di pasar modal Indonesia.

Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi mengatakan mulai 27 Desember 2013 telah diimplementasikan modul Statistik Data Investor (SDI) dalam sistem C-BEST. Dengan modul ini pemegang rekening KSEI, yakni perusahaan efek dan bank kustodian dimungkinkan secara langsung melakukan administrasi Sub Rekening Efek.

Khusus untuk nasabah individu domestik, adanya modul ini membuat proses pembukaan Sub Rekening Efek bagi investor baru akan semakin cepat.

"Dahulu investor baru harus menunggu sekitar 2 hari untuk proses pembukaan Sub Rekening Efek. Dengan modul ini, untuk investor individu domestik, asalkan datanya lengkap diisi sesuai ketentuan yang berlaku maka begitu instruksi disampaikan ke sistem C-BEST secara langsung sistem akan membuatkan Sub Rekening Efek dan nomor SID bagi nasabah terkait," kata Heri di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (30/12/2013).

Heri menyatakan bila pembukaan Sub Rekening Efek dan pembuataan SID berlangsung cepat, diharapkan proses pembukaan Rekening Dana Nasabah di bank juga dapat dipercepat, sehingga investor tak perlu menunggu lama untuk dapat melakukan transaksi di BEI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com