Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Sarankan Merpati Jual Anak Usahanya ke PPA

Kompas.com - 02/01/2014, 12:33 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebut, salah satu langkah penyelamatan PT Merpati Nusantara Airlines adalah dengan menjual anak usaha maskapai pelat merah tersebut, yakni Merpati Maintenance Facility (MMF) kepada PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Ditemui usai rapat BUMN, di Gedung Berdikari, Jakarta, Kamis (2/12/2013), Dahlan mengatakan, dengan dijual sementara ke PPA, maka Merpati memiliki uang untuk membiayai operasionalnya. "Nanti kalau Merpati sudah sehat, MMF diambil kembali oleh Merpati," kata dia.

Dahlan mengatakan, meski dijual ke PPA, namun direksi dan manajemen MMF dan MMC tetaplah orang-orang yang sama. Uang hasil penjualan MMF bisa digunakan untuk operasional Merpati selama belum mendapatkan mitra untuk kerja sama operasi (KSO), guna membentuk anak usaha baru.

Sebagai informasi, Kementerian BUMN juga memutuskan memberikan tenggat waktu selama 3 bulan kepada Merpati untuk mencari partner KSO. Dahlan menyebut, anak usaha baru yang akan dibentuk Merpati dengan partner tersebut nantinya akan mencarikan uang agar maskapai bisa tetap hidup.

Sementara itu, ditanya mengenai waktu MMF bisa diambil lagi oleh Merpati, mantan Dirut PLN itu memastikan jika kondisi Merpati sudah baik. "Belum (bisa memperhitungkan). Ini yang harus disusun oleh direksi Merpati," kata Dahlan.

Sebagaimana diketahui, Merpati saat ini dalam kondisi terlilit hutang, tak kurang dari Rp 6,7 triliun. Sebagian besar, kepada BUMN, termasuk utang avtur kepada PT Pertamina (Persero).

Akibat kemungkinan pailit itu, pemerintah berupaya menyelamatkan Merpati dengan berbagai langkah, termasuk restrukturisasi utang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com