Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Jangan Mudah Berpuas Diri

Kompas.com - 03/01/2014, 15:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo memandang data inflasi Desember 2013 sebesar 0,55 persen dan inflasi tahunan sebesar 8,38 persen telah sesuai dengan harapan.

Di samping itu, dalam 2 bulan ke belakang pun data-data inflasi cenderung konsisten dan baik. Namun demikian, Agus mengatakan di tahun 2014 jangan mudah putus asa dengan perkembangan neraca perdagangan.

Data inflasi yang diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin dipandangnya telah baik namun harus tetap dijaga.

"Saya tetap pesan 2014 jangan mudah puas dan jangan gampang putus asa karena dengan perkembangan dari neraca perdagangan dan inflasi kita lihat ini baik karena ini harus dijaga di tahun 2014 ini dengan baik. Kalau ada perkembangan buruk jangan mudah putus asa," kata Agus di Kompleks Kantor BI, Jumat (3/1/2014).

Agus mengatakan pihaknya berharap isu penanganan defisit neraca transaksi berjalan dapat terus diperbaiki. Membaiknya neraca perdagangan jangan ditanggapi dengan mudah puas.

"Karena 2014 kita sama-sama mengetahui adalah tahun politik untuk Indonesia. Dengan perekonomian dunia, di negara maju semakin baik, belum tentu banyak dana yang masuk dan keluar," ujar Agus.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan dana yang masuk tersebut harus dijaga sehingga kelolaan ekonomi Indonesia dapat baik dan sehat. Ini agar dana yang masuk, khususnya untuk keperluan investasi dan permodalan lainnya dapat tetap mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com