Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Masih di Fase Pelemahan

Kompas.com - 10/01/2014, 07:53 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Rupiah kembali dites kekuatannya menjelang akhir pekan ini. Sentimen eksternal diproyeksikan masih akan membawa rupiah melemah pada perdagangan Jumat (10/1/2014).

Meski rilis Rapat Dewan Gubernur BI menetapkan level BI rate bertahan di level 7,5 persen memberikan imbas positif bagi bursa saham, tidak demikian dengan pasar uang. Laju rupiah kembali melemah pada perdagangan Kamis (9/1/2014).

Menurut riset Trust Securities, tekanan bertambah dengan rilis komentar Presiden European Central Bank Mario Draghi yang tetap mempertahankan kebijakan suku bunga rendahnya sehingga membuat laju euro kembali melemah. Hal itu berimbas negatif pada laju rupiah terhadap dollar AS.

Begitu pula dengan dollar Australia yang juga melemah, merespons sentimen akan diberlakukannya tapering off yang memberikan tambahan tekanan bagi rupiah. Laju rupiah di bawah target support Rp 12.238 per dollar AS.

Hari ini rupiah diproyeksikan berada di level Rp 12.289-12.248 per dollar AS (kurs tengah BI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com