Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Himpunan Pengusaha Muda Luncurkan BPR Hipmi Jaya

Kompas.com - 11/01/2014, 14:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA. KOMPAS.com - Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) melakukan peluncuran kembali alias relaunching Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank HIPMI Jaya.

Peluncuran bank ini guna memudahkan penyaluran modal bagi para nasabah, yakni anggota HIPMI Jaya dan pengusaha UKM.

Komisaris Utama Bank BPR HIPMI Jaya Hariyadi Sukamdani menjelaskan sebenarnya BPR HIPMI Jaya telah berdiri sejak tahun 1995 dan beroperasi tahun 1997. Peluncuran Bank HIPMI Jaya adalah BPR HIPMI Jaya dengan format dan manajemen baru.

"Modalnya sekarang Rp 2,2 miliar. Tapi nanti kami akan buka untuk diumumkan ke seluruh keluarga besar HIPMI untuk jadi pemegang saham. Kita buka minimalnya adalah sekitar Rp 100 juta. Jadi kita targetkan mungkin kita akan tingkatkan modal itu sampai kurang lebih Rp 5 miliar lah," kata Hariyadi ketika ditemui pada acara Musda XV BPD HIPMI Jaya Masa Bakti 2011-2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (11/1/2014).

Hariyadi mengaku saat ini Bank HIPMI Jaya memiliki sekitar 300 nasabah. Namun demikian, ia mengungkapkan pihaknya akan melakukan pengembangan ke sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kalau untuk plafon pinjaman sekarang ini masih kecil ya. Mungkin sekarang kalau saya nggak salah ingat masih kita punya plafon itu rata-rata sekitar Rp 50 juta maksimum per nasabah," ujar dia.

Adapun total penyaluran kredit hingga saat ini diakui Hariyadi masih tergolong kecil, yakni mencapai Rp 3 miliar. Pun dana pihak ketiga (DPK) masih kecil, yakni sekitar Rp 1 miliar berupa tabungan dan deposito.

"Target kita tahun depan kita sih pinginnya melempar kredit sampai Rp 10 miliar. DPK kurang lebih sekitar Rp 8 miliar. NPL sekarang sih di bawah 5 ya. Kalau BPR bagus kok, NPL-nya rendah," ungkap Hariyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com