Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritel AS Membaik, Wall Street Melonjak

Kompas.com - 15/01/2014, 07:16 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -Saham-saham di Wall Street ditutup naik tajam pada Selasa (14/1/2014) waktu setempat, (Rabu pagi WIB), didukung oleh laporan yang lebih baik dari perkiraan pada penjualan ritel untuk Desember yang meliputi musim belanja liburan.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 115,92 poin (0,71 persen) ditutup pada 16.373,86. Indikator pasar lebih luas S&P 500 menguat 19,68 poin (1,08 persen) ke posisi 1.838,88 dan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 69,71 poin (1,69 persen) menjadi 4.183,02.

"Para investor memutuskan untuk membeli saham saat merosot pada Selasa, sehari setelah aksi jual terbesar dalam waktu sekitar tiga bulan," kata Jon Ogg dari 24/7 Wall St.

Indeks pulih dari penurunan Senin karena investor mencerna sebuah laporan menggembirakan pada penjualan ritel AS, bagian dari pengeluaran konsumen yang mendorong perekonomian.

Departemen Perdagangan mengatakan, penjualan ritel naik 0,2 persen pada Desember. Hal ini mengejutkan para analis yang memperkirakan tidak ada perubahan.

"Secara keseluruhan, angka penjualan ritel Desember datang sebagai sedikit sokongan setelah laporan pekerjaan suram pada Jumat (10/1/2014) tampak menjadi sedikit penyebab kekhawatiran menyusul serangkaian data ekonomi yang positif," kata Michael Soni dari BBVA Research.

JPMorgan Chase dan Wells Fargo memulai musim laba kuartal keempat sektor perbankan dengan hasil yang sedikit lebih baik dari perkiraan.

Anggota Dow JPMorgan naik tipis 0,1 persen. Bank terbesar negara Paman Sam itu membukukan penurunan 7,2 persen pada laba kuartal keempatnya, sementara laba per sahamnya disesuaikan mencapai 1,40 dolar AS mengalahkan ekspektasi sebesar lima sen.

Wells Fargo juga menambahkan 0,1 persen setelah membukukan kenaikan laba 10,4 persen untuk kuartal keempat, dengan pendapatan sebesar 1,00 dollar AS per saham, dua sen di atas perkiraan.

Saham-saham teknologi juga menguat. Microsoft memimpin Dow lebih tinggi, maju 2,3 persen. Intel melonjak hampir 4,0 persen setelah JPMorgan menaikkan peringkat sahamnya. Sementara Apple melonjak hampir 2,0 persen.

Time Warner Cable naik 2,7 persen setelah menolak usulan pengambilalihan ketiga dari Charter Communications karena "sangat tidak memadai". Charter naik 2,3 persen.

Google naik 2,4 persen setelah mengumumkan pihaknya membeli Nest Labs, sebuah perusahaan rumah-pintar yang membuat termostat dan alarm asap, sebesar 3,2 miliar dollar AS tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com