Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2014, 17:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tetap akan eksis sebagai perusahaan gas, dan memiliki otonomi sendiri, meskipun pada akhirnya bakal menjadi anak usaha PT Pertamina (Persero).

"Walaupun jadi anak usaha Pertamina, PGN tidak bubar, tetap eksis, punya otonomi khusus, karena ada perjanjian shareholder," tegas Dahlan di kantornya, Kamis (15/1/2014).

Menurutnya, ke depan Indonesia harus menjadi negara modern, dan tidak bisa bertumpu lagi mengandalkan elpiji. Oleh karena itu, akuisisi menjadi penting, karena dengan akuisisi perusahaan energi memiliki power untuk menjadi perusahaan raksasa.

Sayangnya, Dahlan belum memberikan banyak pandangannya mengenai saham publik yang ada di PGN. Menurutnya, itu adalah bagian yang harus dikaji. Namun, ia menegaskan dengan akuisisi ini otomatis persoalan open access selesai dengan sendirinya.

Ia memastikan, Kementerian BUMN akan mengambil opsi yang paling profesional berdasarkan kajian yang dilakukan PT Bahana Sekuritas dan PT Danareksa.

"Semakin cepat (keluar hasil kajiannya) semakin baik, karena kita menuju negara modern," tuturnya.

Mantan Dirut PLN itu menambahkan, pembahasan soal akuisisi sudah berlangsung beberapa kali. Pertama, kata Dahlan, lewat BBM Group, antara dirinya dengan Dirut Pertamina dan Dirut PGN. Pembahasan kedua yakni rapat pertama yang dilakukan di kantor Kementerian BUMN, dan dihadiri pejabat eselon 1, serta direksi lengkap dari Pertamina dan PGN.

Adapun rapat kedua, lanjutnya, dilakukan di kantor pusat Pertamina tanpa kehadiran pihak PGN. Rapat ketiga, akan dilakukan di PGN tanpa dihadiri pihak Pertamina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com