Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan China Naik, Harga Emas Sentuh Level Tertinggi 6 Pekan

Kompas.com - 20/01/2014, 15:51 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menjelang Senin (20/1/2014) sore, harga kontrak emas dunia mendaki ke level tertinggi dalam enam pekan terakhir. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, siang tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik 0,5 persen menjadi 1.260,07 dollar AS per troy ounce. Ini merupakan level tertinggi sejak 11 Desember lalu. Pada pukul 15.10, kontrak yang sama berada di level 1.255,88 dollar AS per troy ounce.

Harga emas mendaki seiring adanya sinyal peningkatan permintaan emas. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan kepemilikan emas di exchange traded product. Asal tahu saja, kepemilikan aset di SPDR Gold Trust naik 0,9 persen pada 17 Januari lalu. Ini merupakan kenaikan harian terbesar sejak November 2011 lalu.

Selain itu, di China, volume transaksi emas di Shanghai Gold Exchange mendaki untuk hari kedua pada 17 Januari lalu.

"Adanya permintaan emas di China terjadi sebelum perayaan Spring Festival yang akan dimulai pada 31 Januari mendatang. Kenaikan permintaan ini cukup baik dan adanya aksi beli investor terhadap ETF menambah sentimen positif harga emas," jelas Wang Xiaoli, chief investment strategist CITICS Futures Co.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Februari naik sebesar 0,8 persen menjadi 1.262 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com