Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Beras di Aceh Melambung, Bulog Gelar Operasi Pasar

Kompas.com - 21/01/2014, 16:11 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Badan urusan logistik Divisi Regional Aceh menggelar operasi pasar beras beras guna menstabilkan harga bahan pangan tersebut yang terus melambung. Operasi pasar digelar hingga Jumat yang akan datang.

Kepala Divre Bulog Aceh Ardi Ali saat mengunjungi Pasar Kampung Ateuk Pahlawan, Selasa (21/1/2014) mengatakan, pihaknya akan menyediakan kebutuhan beras medium dalam operasi pasar yang akan segera dilaksanakan. “Pasokan beras akan kita penuhi hingga harga kembali normal,” jelasnya.

Kelangkaan beras kualitas medium, disebutkan Ardi Ali terjadi karena belum adanya panen padi di kalangan petani. Saat ini, sebut Ardi Ali, harga beras jenis medium di pasaran berada pada kisaran harga Rp10 ribu per kilogram.

Operasi pasar beras ini, akan dilangsungkan selama empat hari, beberapa lokasi pasar yang menggelar operasi pasar yakni, di Banda Aceh akan dipusatkan di Pasar Makam Pahlawan, Kampung Ateuk tanggal 21 Januari 2014, Pasar Setui 22 Januari 2014, Pasar Ulee Kareng 23 Januari 2014, dan Pasar Lapangan SMEP Peunayong 24 Januari 2014.

Sementara itu, di Aceh Besar, lokasi titik operasi pasar adalah di Pasar Lambaro 21 Januari 2014, Pasar Sibreh 22 Januari 2014, Pasar Lambaro 23 Januari 2014, dan pasar Seulimum 24 Januari 2014.

Harga beras yang dijual pada lokasi operasi pasar adalah Rp7.200/kg dan Bulog Divre Aceh juga akan membatasi jumlah pembelian dari masyarakat, yaitu tiap orang hanya diberikan kuota sebesar 50 kg. "Masyarakat hanya boleh beli maksimum 50 kg di titik lokasi yang di tetapkan," jelas Ardi.

Di Pasar Kampung Ateuk Pahlawan, suasana operasi pasar memang tidak terlihat terlalu ramai, namun tetap ada antrian pembeli. Sejumlah warga mengaku baru mengetahui adanya operasi pasar. “ Memang baru tahu ada jual beras murah, jadi langsung beli saja, karena sebelumnya harga beras memang naik,” Kata Ftiri, warga Kampung Ateuk Pahlawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com