Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Morgan Stanley Pangkas Target Harga Emas Tahun Ini

Kompas.com - 22/01/2014, 15:04 WIB


MELBOURNE, KOMPAS.com -
Morgan Stanley masih memandang bearish alias tren melemah pergerakan harga emas dunia. Dalam hasil risetnya, Morgan Stanley memangkas prediksi harga emas tahun ini dan tahun depan. Alasannya, lompatan pada pasar saham menurunkan kebutuhan investor terhadap emas sebagai safe haven.

Analis Morgan Stanley Peter Richardson dan Joel Crane memangkas target harga emas sebesar 12 persen di 2014 menjadi 1.160 dollar AS per troy ounce. Sementara, untuk prediksi 2015 diturunkan 13 persen menjadi 1.138 dollar AS per troy ounce.

Kedua analis berpendapat, harga emas masih akan tertekan seiring proses pemulihan perekonomian global serta meningkatknya risiko kenaikan suku bunga.

"Performa harga emas masih akan terus tertekan selama risiko aset secara umum dan pasar saham AS secara khusus terus menunjukkan pemulihan yang kuat. Akan terjadi tekanan yang lebih besar pada emas," jelas analis Morgan Stanley.

Sebagai perbandingan, Goldman Sachs memprediksi harga emas akan turun ke posisi 1.050 dollar AS per troy ounce dalam 12 bulan ke depan. Sementara, ABN meramal harga emas akan berada di 1.000 dollar AS per troy ounce pada akhir 2014.

Catatan saja, pada pukul 12.23 waktu Singapura, harga kontrak emas dunia untuk pengantaran cepat diperdagangkan di posisi 1.243,18 dollar AS per troy ounce. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com