Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Utang Luar Negeri Indonesia Masih Aman

Kompas.com - 22/01/2014, 17:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memandang utang luar negeri Indonesia yang tercatat hingga posisi November 2013 masih berada dalam level aman jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang tergolong sebagai peer group Indonesia.

"(Utang luar negeri) kita masih dalam tren yang sangat aman. Tidak seperti Jepang misalnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowaty di Kantor Pusat BI, Rabu (22/1/2014).

Berdasarkan data BI, rasio utang luar negeri Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) kuartal III 2013 sebesar 29,2 persen. BI memandang posisi ini masih jauh di bawah batas aman internasional yang mencapai 50 persen.

"Rasio pembayaran utang Indonesia pada kuartal III 2013 tercatat sebesar 39,1 persen. Ini turun dari kuartal sebelumnya sejalan dengan siklus pembayaran utang luar negeri," ujar Hendy. Hendy mengatakan saat ini utang luar negeri Indonesia masih didominasi utang jangka panjang.

"Sekarang masih dominan jangka panjang. Jangka panjang lebih bagus, karena cicilan dan bunga lebih rendah. Utang jangka panjang ini biasanya untuk pemerintah," jelasnya.

Seperti diberitakan, BI mencatat tren perlambatan pertumbuhan utang luar negeri (ULN) Indonesia masih berlanjut pada November 2013. Posisi ULN Indonesia pada November 2013 tercatat sebesar 260,3 miliar dollar AS atau 29,2 persen dari PDB.

Berdasarkan jangka waktu, perlambatan pertumbuhan ULN terjadi baik pada ULN jangka panjang maupun pendek. ULN jangka panjang sektor publik mencapai 116,6 miliar dollar AS atau 94,6 persen dari total ULN sektor publik, sementara ULN berjangka panjang sektor swasta sebesar 97,8 miliar dollar AS atau sebesar 71,4 persen dari total ULN swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com