Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Ancaman PHK dari Freeport Bohong

Kompas.com - 29/01/2014, 10:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli menilai PT Freeport Indonesia telah berbohong akan melakukan PHK pegawainya. Hal itu disebabkan karena pembangunan pabrik pemurnian bahan tambang (smelter) yang membutuhkan anggaran besar.

"Ancaman PHK dari Freeport itu bohong," ujar Rizal di Hotel Ritz Carlton, Selasa (28/1/2014).

Rizal menilai Freeport akan menuruti kemauan pemerintah untuk membangun pabrik smelter. Pasalnya Freeport dinilai meraup keuntungan paling besar di Indonesia jika dibandingkan negara-negara penghasil tambang lainnya.

"Keuntungan paling besar Freeport ada di Indonesia bukan Chile, atau Brazil," ungkap Rizal.

Rizal pun setuju dengan penerapan UU Minerba no.4 tahun 2009 yang mengharuskan semua perusahaan minerba melakukan pemurnian terlebih dahulu jika ingin melakukan ekspor. Namun Rizal kecewa, karena perusahaan kecil yang baru merintis bisnis di sektor minerba harus mendapat pengecualian.

"Sayangnya pukul rata yang perusahaan kecil suruh bangun. Harusnya perusahaan besar diwajibkan tapi yang besar malah proses, dikecualikan," ungkap Rizal. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com