Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Beras Impor, Hatta Minta Segera Ada Investigasi

Kompas.com - 30/01/2014, 20:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa telah meminta kepada 2 kementerian terkait untuk melakukan investigasi terhadap kisruh beras impor dari Vietnam.

"Soal beras, saya sudah minta Menteri Pertanian segera melakukan investigasi dan tidak perlu berkonflik ria. Tidak perlu untuk saling menyalahkan," kata Hatta di kantornya, Kamis (30/1/2014).

Hatta menegaskan dirinya telah mengecek segala hal terkait beras impor tersebut. Pihak Kementerian Pertanian maupun Kementerian Perdagangan, menurutnya, telah melakukan langkah yang benar soal itu.

"Dari Kementerian Pertanian sudah saya tanyakan memang memberi rekomendasi untuk beras tertentu. Sudah betul, selama ini juga begitu. Dari Kementerian Perdagangan sudah betul juga untuk memberikan kepada perusahaan tertentu untuk mengimpor beras jenis tertentu juga," ujar Hatta.

Namun demikian, pertanyaan yang masih muncul, menurut Hatta, adalah mengapa masih ada beras medium di lapangan. "Ini yang saya minta selidiki. Tidak perlu saling menyalahkan," kata dia.

Adapun Kementerian Perdagangan, kata Hatta, telah diminta untuk melakukan investasi karena memang berurusan langsung di pasar. Pihak Kemendag diminta untuk mengecek di pasar kemudian melaporkan.

"Secepatnya. Kan sudah bergerak. Saya sudah memberikan arahan sangat jelas, jangan dibiarkan hal-hal seperti itu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com