Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Coba Pertahankan Penguatan

Kompas.com - 07/02/2014, 07:54 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan mencoba mempertahankan posisi dan pergerakan naiknya pada perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (7/2/2014). Sentimen positif dari internal mendorong posisi rupiah.

Rupiah melanjutkan laju positifnya dengan masih adanya imbas rilis data-data positif dari pertumbuhan GDP dan PDB per kapita tahun 2013 yang cenderung lebih tinggi dari sebelumnya yang juga berhasil melampaui estimasi. Apresiasinya rupiah juga terbantu oleh penguatan euro.

Seperti dilaporkan Riset Trust Securities, Bank Sentral Eropa (ECB) akhirnya memutuskan untuk menahan diri dari rencana penambahan stimulus. Sebaliknya, ada kabar positif dari Bank of Japan yang berencana memperluas pemberian stimulus moneter lebih lanjut. Begitu pun dengan kabar dari BI yang berencana tetap akan melakukan kebijakan moneter dengan suku bunga acuan yang ketat turut disambut positif.

Laju rupiah hampir mendekati resisten di level Rp 12.154 per dollar AS. Akhir pekan ini rupiah diproyeksikan bergerak di rentang Rp 12.167-12.148 per dollar AS (kurs tengah BI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com