Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Batal Beri Insentif Fiskal Perusahaan Migas Kuwait

Kompas.com - 07/02/2014, 13:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan pemerintah membatalkan pemberian insentif fiskal bagi perusahaan migas asal Kuwait, Kuwait Petroleum Corporation (KPC) yang akan bangun kilang bersama Pertamina.

Ia mengaku pemerintah menolak memberi insentif fiskal terlalu banyak untuk perusahaan Kuwait tersebut.

Rencana pembangunan kilang tersebut sebelumnya digagas oleh Pertamina dengan menggandeng KPC dan Saudi Aramco asal Arab Saudi. Dua perusahaan minyak asal Timur Tengah itu menyatakan siap membantu asalkan diberi insentif fiskal.

"Tapi dari update review kita, permintaan perusahaan asal Kuwait itu tidak bisa dipenuhi. Karena Kuwait mintanya terlalu banyak, berlebihan dan tidak sesuai ketentuan perundangan kita. Makanya kita stop," kata Askolani di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat (7/2/2014).

Saat ini Pertamina sudah memiliki hasil studi kelayakan (feasibility study/FS) untuk tahap awal. Menurutnya, hasil studi kelayakan ini dapat dijadikan bahan bagi Pertamina untuk menjalin kerjasama dengan investor lainnya.

Adapun pemerintah menurutnya akan membantu proses ini dari sisi insentif. Bila membantu secara total melalui APBN diakuinya akan terasa berat. Sementara kelanjutan kerja sama dengan Saudi Aramco, lanjut Askolani, pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut dari Pertamina maupun Kementerian ESDM.

"Untuk perkembangan kerjasama dengan Saudi Aramco kami belum tahu. Tapi yang pasti permintaan mereka tidak seketat seperti yang diminta Kuwait itu," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com