Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelud Meletus, BI Perkirakan Tak Ada Gangguan Pasokan

Kompas.com - 14/02/2014, 14:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan tidak akan ada gangguan pasokan produksi akibat letusan Gunung Kelud di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Kita pantau sejauh ini tidak untuk Gunung Kelud. Yang kemarin dampak banjir kita pantau dari kantor-kantor kita baik di Semarang, Tegal, Pekalongan sampai Cirebon itu memang dampak-dampak pasokan pada saat kemarin banjir yang tinggi, tapi setelah itu tidak ada gangguan. Bahkan juga ada beberapa dampak terhadap produksi pertanian itu pun juga tidak banyak," kata Perry di Kantor Pusat BI, Jumat (14/2/2014).

Meskipun demikian, Perry mengungkapkan, tekanan harga-harga di bulan Februari cenderung lebih rendah dibandingkan bulan Januari. Sehingga, lanjutnya, BI memperkirakan inflasi bulan Februari akan berada di bawah 0,6 persen.

Terkait letusan Gunung Kelud, Perry menjelaskan BI telah berkoordinasi dengan seluruh kantor perwakilan daerah di sekitar Gunung Kelud, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.  "Tadi kami minta laporan, baik dari Solo, Yogyakarta, dan Kediri itu semalam dan sampai tadi pagi debu dan angin sudah sampai Yogyakarta. Keselamatan, kelancaran di kantor dan bakti-bakti sosial diperlukan dari kantor-kantor kita. Tapi agak siangan debunya sudah mulain menurun. Aktifitas tidak ada gangguan," katanya.

Gunung Kelud mulai meletus dan mengeluarkan ratusan ribu kubik material vulkanik, Kamis (13/2/2014) sekitar pukul 23.00. Sebelumnya, gunung tersebut mengeluarkan beberapa kali dentuman disertai dengan beberapa kilatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com