Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PU Pastikan Penggenangan Jatigede Tak Molor

Kompas.com - 17/02/2014, 12:42 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum memastikan penggenangan atau pengisian air waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat tak molor dari yang direncanakan, September 2014, meskipun masih ada masalah sosial yang belum tuntas.

Atas dasar itu, Dirjen Sumber Daya Air KemenPU, Muhammad Hasan mengatakan, pemerintah pekan ini segera akan menunjuk appraisal independent yang akan menentukan besaran uang kerohiman relokasi 5.800 kepala keluarga. Ditargetkan kajian selesai pada Maret 2014, untuk selanjutnya dibahas dalam sidang kabinet terbatas.

"Ini kan berkejar-kejaran dengan rencana penggenangan. Tapi kita yakin tetap sesuai rencana September 2014," kata Hasan di kantor Kemenko, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Keyakinan Hasan tersebut lantaran dari segi fisik waduk sudah siap 91,5 persen. Persiapan fisik waduk, klaim Hasan, malah berjalan lebih cepat daripada yang dijadwalkan. "Sutet PLN sudah dipindah. Yang paling pelik adalah masalah penduduk," kata Hasan.

Sampai dengan saat ini, masih ada sekitar 7.600 kepala keluarga (KK) yang bertahan di area waduk. Sebanyak 1.800 KK diantaranya adalah kelompok yang berhak direlokasi sesuai Permendagri 1975, sementara 5.800 KK adalah yang tinggal menunggu uang kerohiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com