Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Incar Kredit Pensiunan

Kompas.com - 20/02/2014, 13:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan menyasar penyaluran kredit pensiunan dengan melakukan kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Direktur Utama BNI Maryono mengatakan, kredit pensiunan perseroan dapat bertambah sampai 5 persen dari sebelumnya 2 persen.

"Saat ini masih kecil, baru 2 persen. Kita akan kerja sama dengan Pos Indonesia. Penawaran Pos Indonesia bagaimana kita bisa memberikan produk kredit konsumer, yaitu kredit pensiunan," kata Maryono di Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Maryono menjelaskan, perseroan telah menyalurkan kredit pensiunan sebesar kurang lebih Rp 2 triliun. Ia berharap kredit ini dapat tumbuh hingga mencapai Rp 5 triliun.

Pos Indonesia, kata dia, memiliki pangsa pasar yang besar, dengan penyaluran dana pensiun mencapai Rp 9 triliun per tahun. "Pensiunan di Pos Indonesia transaksinya lebih dari Rp 9 triliun per tahun. Ini peluang besar. Bisnis konsumer sesuai misi kita terkait transformasi bisnis. Ini buat new engine, bagaimana nasabah bisa di-serve sebagai consumer banking," ujar Maryono.

Maryono mengatakan, BTN akan membuat program khusus terkait kredit pensiunan melalui kerja sama dengan Pos Indonesia tersebut. Program kredit ini, sebutnya, akan berbeda dengan produk kredit pensiun yang telah ada. "Kami bisa memberi fasilitas yang menjembatani Pos Indonesia. Kami akan perbaiki layanan menjadi excellent. Bunganya akan kita perhatikan kepada para pensiunan," ujar dia.

Maryono yakin perseroan dapat melayani kebutuhan para pensiunan. Program ini pun secepat mungkin akan dilakukan, mengingat Joint Planning Session (JPS) dengan Pos Indonesia sudah dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com