Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekurangan Pasokan Cabai, Indonesia Kesulitan Impor

Kompas.com - 20/02/2014, 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan M Lutfhi mengaku kesulitan mencari produk cabai untuk diimpor.

Indonesia disebutkan harus mengimpor lantaran pasokan cabai di dalam negeri sebagian besar rusak akibat erupsi Gunung Kelud.

"Produk cabai itu susah cari impornya, gak ada gantinya itu," ujar Lutfhi di Indonesian Fashion Week, di JCC, Kamis (20/2/2014).

Lutfhi menjelaskan alasan cabai susah diimpor, karena produk dari luar negeri jenisnya tidak sama dengan kebutuhan di dalam negeri. Lutfhi tak ingin cabai yang rusak diganti cabai bubuk dari luar negeri.

"Orang Indonesia kan nggak mau makan cabai tapi diganti menjadi cabai bubuk. Jadi sulit substitusinya," jelas Lutfhi.

Rencananya pemerintah akan mencari pasokan cabai dengan memaksimalkan produksi dalam negeri. Dalam hal ini pasokan cabai akan di suplai dari pulau-pulau lain di luar pulau Jawa. "Jika mungkin bagaimana kita mengerjakan antarpulau," ungkap Lutfhi.

Dari data Kementerian Perdagangan, 20 persen produksi cabai ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Akibat dari erupsi Gunung Kelud, lahan petani cabai rusak dan mengakibatkan gagal panen. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com