Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IAA jadi Maskapai Pertama yang Operasikan Airbus Buatan China

Kompas.com - 21/02/2014, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia AirAsia (IAA) menjadi maskapai pertama di Indonesia yang menerima pesawat Airbus A320 yang dirakit di Tianjin, China.

Meski dari China, produk yang dihasilkan di Tianjin tidak kalah dengan yang dirakit di Perancis. Audrey Petriny Progastama, Communications Manager Indonesia AirAsia, mengatakan saat ini hanya ada satu pesawat A320 AirAsia Indonesia yang dikirim dari Tianjin, yaitu PK-AZA yang dikirim pada 7 Desember 2012 lalu.

Sampai saat ini PK-AZA merupakan satu-satunya Airbus A320 dari Tianjin yang dikirim ke luar China.

"Tidak ada perbedaan antara A320 dari Toulouse dengan yang diproduksi dari Tianjin. Fasilitas Airbus di Tianjin adalah merupakan Final Assembly Line, jadi hanya merakit modul-modul yang dikirim langsung dari Eropa. Namun terdapat beberapa bagian A320 yang diproduksi di China, sebagaimana PT DI (Bandung) juga melakukannya," katanya.

AirAsia Indonesia menerima Airbus dari Tianjin karena pendanaan tersebut berasal dari bank China, ICBC, dan kebetulan alokasi pesawat saat itu berasal dari Tianjin. Sebagai tambahan, dalam operasionalnya, reliabilitas pesawat A320 dari Tianjin tidak berbeda dengan pesawat A320 dari Toulouse.

Audrey juga mengatakan, hingga 6 Februari 2014, usia pesawat sudah mencapai 4.382 jam terbang (flight hours) dan 2.848 landing dan take off (cycles). (Sanusi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com