Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Raup Laba Rp 24 Triliun Sepanjang 2013

Kompas.com - 26/02/2014, 15:55 WIB

TOULOUSE, KOMPAS.com — Pabrikan pesawat yang berbasis di Eropa, Airbus Group, mengumumkan kenaikan laba perseroan sepanjang 2013 sebesar 22 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Laba bersih yang dicatatkan perusahaan tersebut pada pengujung 2013 mencapai 1,5 miliar euro (2,06 miliar dollar AS atau sekitar Rp 24,1 triliun). Sementara itu, EBITDA (earnings before interest, tax, depreciation, and amortisation) perseroan tercatat naik 21 persen menjadi 3,6 miliar euro.

Pendapatan Airbus sepanjang tahun lalu naik 5 persen menjadi 59,3 miliar euro, yang ditopang oleh kenaikan jumlah pesawat yang diproduksi.

Pada tahun ini, perseroan menargetkan pertumbuhan bisnis yang moderat, dan pada tahun depan penjualan ditargetkan tumbuh di kisaran 7-8 persen.

Pada kuartal IV 2013 perseroan menyatakan telah mengeluarkan anggaran sebesar 434 juta euro untuk pengembangan varian terbaru pesawat komersial, A350 XWB. Varian tersebut adalah pesawat berbadan lebar untuk penerbangan jarak jauh. Dijadwalkan A350 XWB mulai bisa terbang akhir tahun ini.

Perseroan juga terus menggenjot produksi jenis pesawat yang paling laris di pasaran, yakni A320 dari 42 unit menjadi 46 per unit per bulan, terhitung mulai kuartal II 2016.

Bulan lalu Airbus mengumumkan jumlah pesanan yang masuk mencapai 1.503 unit pesawat, mengalahkan musuh bebuyutannya, pabrikan pesawat AS Boeing yang tercatat meraih order sebanyak 1.355 unit pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com