Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegangan Ukraina Berkurang, Harga Emas Dunia Naik Tipis

Kompas.com - 06/03/2014, 07:37 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik tipis pada Rabu (5/3/2014) waktu setempat  (Kamis pagi WIB), karena kekhawatiran atas ketegangan antara Ukraina dan Rusia terus berkurang dan para pedagang mengkaji data ekonomi AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 2,4 dollar AS atau 0,18 persen, menjadi menetap di 1.340,3 dollar AS per ounce.

Pada Selasa (4/3/2014), harga emas kehilangan hampir setengah dari apa yang mereka peroleh Senin (3/3/2014) karena berkurangnya ketegangan atas Ukraina memperlemah daya tarik logam mulia sebagai "safe-haven".

Di sisi ekonomi, data yang dirilis Rabu menunjukkan bahwa pekerjaan swasta non pertanian AS naik kurang dari yang diperkirakan pada Februari. Hal ini menurut analis, memicu kekhawatiran atas pasar tenaga kerja AS, yang memberikan dukungan kepada pasar emas.

Perusahaan pengolahan penggajian Automatic Data Processing Inc. mengatakan bahwa pekerjaan swasta non-pertanian naik disesuaikan secara musiman sebesar 139.000 pada bulan lalu, di bawah ekspektasi untuk peningkatan 155.000. Angka Januari direvisi turun menjadi naik 127.000 dari kenaikan 175.000 yang dilaporkan sebelumnya, laporan mengatakan.

Sementara perak untuk pengiriman Mei naik 4,9 sen atau 0,23 persen menjadi ditutup pada 21,271 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com