Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biayai Pelatihan Tenaga Kerja ke Jepang, BII Digandeng JICA

Kompas.com - 13/03/2014, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), menandatangani perjanjian dalam penyediaan fasilitas pinjaman dua tahap (two step loan).

Fasilitas tersebut merupakan yang pertama diberikan JICA melalui program Private Sector Investment Finance (PSIF). Dengan menggandeng BII, JICA akan mengucuri dana kepada PT Japan Indonesia Economic Center (PT JIAEC), yang bergerak di bidang pelatihan tenaga kerja dan agen bagi tenaga kerja non-terampil (umumnya lulusan sekolah teknik menengah).

Nantinya para tenaga kerja tersebut akan ditempatkan di beberapa pabrik di Jepang. Setelah menamatkan pelatihan praktek selama tiga tahun di Jepang, siswa akan kembali ke Indonesia dan akan dipekerjakan sebagai pengawas (supervisor) di anak perusahaan terkait di Indonesia.

Fasilitas pinjaman akan digunakan PT JIAEC untuk melakukan ekspansi bisnis, termasuk pembangunan gedung sekolah yang ditujukan bagi pengembangan sumber daya industrial.

Saat ini, ada sekitar 1.800 hingga 2.800 siswa pelatihan yang dikirim dari Indonesia ke Jepang setiap tahun di bawah program Japan’s Technical Intern Training dengan tujuan pelatihan keterampilan dan pengembangan sumber daya manusia.

Siswa pelatihan mendapatkan kesempatan praktek selama dua hingga tiga tahun di perusahaan kecil atau menengah di Jepang, dan diharapkan sekembalinya ke Indonesia, mereka dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan industri di Indonesia.

Pada hari yang sama, BII juga menandatangani nota kesepahaman dengan Koperasi Mitra Kenshusei Indonesia (KMKI) untuk memberikan pembiayaan bagi para siswa pelatihan yang akan dikirim ke Jepang.

Diperkirakan dalam waktu dekat jumlah siswa pelatihan yang dikirim dapat mencapai 4.000 siswa pelatihan setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com