Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakitan di Indonesia, Harga HP Bisa Turun 15 Persen

Kompas.com - 14/03/2014, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya kedatangan investasi dari asing untuk membuat pabrik perakitan ponsel bisa menurunkan harga ponsel hingga 10 persen-15 persen. Pasalnya perusahaan penjual ponsel tidak perlu mengimpor dari luar.

Ali Cendrawa, Aspiteg Asosiasi Penguasa dan Importir Telepon Genggam Indonesia, mengatakan bahwa berdirinya pabrik perakitan ponsel di dalam negeri bisa menurunkan harga 10-15 persen untuk semua jenis ponsel. "Harga harusnya bisa turun," ujar Ali seperti dikutip KONTAN, Kamis (13/3/2014).

Ia mengaku belum mendengar kedatangan Haier untuk membuka pabrik perakitan ponsel di Indonesia. Menurutnya, ia baru mengetahui soal Foxconn.

Namun, ia menyambut baik kehadiran pabrikan ponsel di dalam negeri. "Dampaknya baik untuk kita semua. Memperluas lapangan kerja, bisa bertukar pengalaman dan teknologi," terang Ali.

Ia mengatakan, yang pasti munculnya pabrik perakitan ponsel di dalam negeri bisa menekan impor ponsel. Namun, ia belum punya estimasi seberapa impor bisa ditekan.

Catatan saja, saat ini ada sedikitnya 4 pabrik perakitan ponsel di dalam negeri yaitu Polytron, Advan, Evercross, dan Mito. Namun, Ali juga belum mempunyai data terkait dengan produksi keempat pabrikan itu terhadap industri. (Benediktus Krisna Yogatama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com