Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Lagi, Harga Emas Dunia Kokoh di Level Tertinggi 6 Bulan

Kompas.com - 14/03/2014, 07:27 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik untuk sesi keempat berturut-turut pada Kamis (13/3/2014) waktu setempat (Jumat pagi WIB), berakhir di tingkat tertinggi baru dalam enam bulan terakhir.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 1,9 dollar AS atau 0,14 persen menjadi di 1.372,4 dollar AS per ounce.

Data ekonomi AS yang dirilis Kamis mendukung harga emas. Klaim pengangguran mingguan AS turun ke tingkat terendah tiga bulan terakhir 315.000 dan penjualan ritel AS naik 0,3 persen pada Februari, kenaikan pertama dalam tiga bulan terakhir.

Namun demikian, data ekonomi AS yang positif mengalah terhadap meningkatnya ketegangan di Ukraina dan data ekonomi suram dari China. Analis pasar percaya bahwa Ukraina merupakan faktor utama penahan harga emas jatuh.

Produksi industri China pada Januari-Februari naik 8,6 persen tahun ke tahun, lebih rendah dari harapan pasar sebesar 9,5 persen dan penjualan ritel naik 11,8 persen tahun ke tahun, gagal memenuhi perkiraan kenaikan 13,5 persen.

Analis khawatir bahwa perlambatan ekonomi di China dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global.

Beberapa analis pasar berpendapat bahwa emas dapat mempertahankan tren kenaikan dengan latar belakang politik saat ini, sementara yang lain bersikeras emas tidak mungkin untuk naik lebih jauh kecuali berdiri di atas 1.376 dollar per ounce.

Sementara perak untuk pengiriman Mei turun 16 sen atau 0,75 persen menjadi ditutup pada 21,198 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 3,1 dollar AS atau 0,21 persen menjadi ditutup pada 1.479,4 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com