Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kembangkan Bandara dengan Konsep Green Airport

Kompas.com - 25/03/2014, 10:06 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai upaya mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, pemerintah akan membangun bandara baru di timur Jakarta. Konsep bandara yang akan dibangun tersebut akan menggunakan konsep green airport yang ramah terhadap lingkungan disekitarnya.

“Kita harus lihat dari sisi sawah-sawah produktif tidak terganggu, karena yang akan dibangun ini kan green airport. Apa itu green airport? Ya kaidah-kaidah mengenai lingkungannya akan kuat disitu. Misalkan airnya bisa dipakai lagi, dan disitu disediakan Biofuel, artinya bahan bakar yang digunakan ramah lingkungan,” ujar Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan, di Jakarta, Senin malam (24/3/2014).

Menurut Bambang, selain konsep green airport yang akan dikembangkan pada bandara tersebut, kapasitas bandara juga akan mendapat perhatian. Pasalnya tujuan utama pembangunan bandara tersebut adalah mengurangi kepadatan penerbagan di Bandara Soekarno-Hatta.

Oleh karena itu kapasitas bandara akan lebih besar dari bandara Soekarno-Hatta sehingga mampu menampung 90 juta penumpang per tahun. “ Lebih besar dari Soekerno-Hatta, dari sisi size dia harus lebih mampu menampung sampai dengan 90 juta penumpang per tahun,” katanya.

Rencananya, bandara tersebut akan dibangun di wilayah selatan Karawang, Jawa Barat. Kajiannya sedang dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai konsultan resmi yang ditujuk pemerintah.

Pembangunan bandara tersebut, menurut Bambang kan dilakukan dilahan milik perhutani. “Kalo gak salah lokasi tanahnya punya Perhutani, sekitar dua per tiga atau 70 persennya milik Perhutani,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com