Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Kembali Melemah

Kompas.com - 10/04/2014, 07:45 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Rabu (9/4/2014) waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena pasar saham AS melonjak dan menarik investor menjauh dari emas.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 3,2 dollar AS atau 0,24 persen menjadi ditutup pada 1.305,9 dollar AS per ounce.

Tetapi di perdagangan elektronik harga emas naik tak lama setelah risalah pertemuan Federal Reserve pada Maret dirilis, yang menunjukkan konsensus umum untuk mempertahankan suku bunga rendah bahkan setelah kenaikan suku bunga pertama. Suku bunga rendah biasanya menguntungkan emas .

Para analis pasar mengaitkan keuntungan harga emas baru-baru ini terhadap para investor spekulatif, bukan permintaan fisik dari Tiongkok.

Mereka memperkirakan, emas tidak bisa mempertahankan tren kenaikan dalam waktu dekat kecuali dollar jatuh lebih lanjut atau ketegangan di Ukraina meningkat.

Sementara perak untuk pengiriman Mei kehilangan 28,7 sen atau 1,43 persen menjadi ditutup pada 19,77 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli merosot 2,8 dollar AS atau 0,19 persen menjadi ditutup pada 1.438,9 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com