Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Modal Indonesia Siap Hadapi MEA 2015

Kompas.com - 10/04/2014, 19:20 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar modal Indonesia dinilai siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 mendatang. Hal itu setidaknya terlihat dari return on equity bursa di Indonesia yang lebih baik dibandingkan bursa regional ASEAN lainnya.

"Kita mampu menjaga pertumbuhan ekonomi cukup bagus, emiten-emiten Indonesia return on equity-nya lebih tinggi dari emiten bursa-bursa regional, itu kunci industri pasar modal sudah siap menghadapi MEA," ujar Ito Warsito di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Kesiapan Indonesia dalam menghadapi MEA bukan hanya diukur dari kekuatan emiten-emiten di bursa saham, tetapi juga kesiapan dari sisi BEI sendiri sangat penting. Oleh karena itu, BEI sudah melakukan perbaikan dibidang teknologi.

"Persiapan dari sisi bursa, penggunaan teknogi. Kita lebih maju dari sebagian bursa ASEAN, straight trough processing semua transaksi diproses secara elektronik." katanya.

Selain sisi emiten dan bursa, Ito juga memiliki pandangan mengenai sektor industri dalam menghadapi MEA. Menurutnya, secara umum sektor industri memiliki kesiapan yang cukup bagus.

"Kalau secara umum kan cukup bagus. Pabrikan-pabrikan otomotif besar asal Jepang memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia, itu kan salah satu tanda Indonesia siap menghadapi MEA," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com