Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Impor Gula, Pemerintah Berencana Temui Asosiasi

Kompas.com - 12/04/2014, 20:38 WIB
Estu Suryowati

Penulis


BOGOR, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan izin impor gula kristal putih (GKP) kepada perum Bulog sebanyak 350.000 ton untuk iron stock atau cadangan di gudang agar stabilitas harga gula dalam negeri dapat terjaga.

Menteri Perdagangan M Lutfi menyadari akan muncul banyak pertanyaan dari para petani gula dan asosiasi. Namun, ia menyatakan, pemerintah tidak ingin Indonesia kekurangan gula, makanya perlu ada cadangan dari impor.

“Kenapa dikeluarkan GKP ini purely timing. Kita mau pisahin buffer stock dengan gula untuk kebutuhan lain (industri),” ujarnya, di Bogor, Sabtu (11/4/2014).

Atas dasar itulah, pemerintah memutuskan untuk memberikan izin GKP di samping raw sugar yang biasanya diberikan untuk kebutuhan industri.

Untuk menjelaskan keinginan pemerintah tersebut, Lutfi mengatakan pihak Kementerian Perdagangan akan bertemu dengan asosiasi dan petani gula. “Saya mau ketemu asosiasi dulu,” tukasnya.

Sebagai informasi, izin impor GKP oleh Bulog sebanyak 350.000 ton merupakan hasil rapat koordinasi pangan dengan Menko Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Desember 2013 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com