Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertagas Gandeng Osaka Gas Garap Pipa di Selatan Jakarta

Kompas.com - 15/04/2014, 17:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertagas Niaga selaku pengelola gas bumi untuk rumah tangga akan bekerjasama dengan perusahaan gas asal Jepang, Osaka Gas dalam mengembangkan pipa gas di selatan Jakarta.

"Kita bekerjasama dengan perusahaan Jepang mengembangkan jaringan gas di selatan Jakarta, berarti Jakarta Selatan termasuk," ujar General Manager City Gas Pertagas Niaga Arief Wardono di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Arief menjelaskan, kerjasama yang dilakukan dengan Osaka Gas ini bukan hanya sekedar bisnis. Menurutnya, kerjasama tersebut akan berdampak positif karena adanya transfer teknologi.

Rencananya, pengembangan jaringan gas kota di selatan Jakarta tersebut akan melalui ruas pipa transmisi sepanjang 22 km yang melalui Beji (Depok), Ragunan, Lebak Bulus, dan Blok M.

Selain pengembangan jaringan gas di selatan Jakarta, Pertagas Niaga akan mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk pengelolaan dan pengoperasian jaringan gas di 27 kota dan menargetkan mampu memiliki 2 juta pelanggan pada tahun 2018 nanti.

Pada tahun 2013, PT Pertagas Niaga telah menerima penugasan pengelolaan jaringan gas di 3 kota yaitu Prabumulih (Sumatera Selatan), Sengkang (Sulawesi Setatan), dan Jambi.

Di tiga kota tersebut, total rumah tangga yang memakai gas dari Pertagas Niaga berjumlah 16.822 rumah tangga. Jumlah rumah tangga pengguna gas dari Pertagas Niaga di perkirakan akan naik pada tahun 2014 seiring dengan semakin luasnya distribusi gas yang dikelola anak perusahan Pertamina Gas tersebut.

Tahun ini saja, Pertagas Niaga akan mengelola gas alam untuk rumah tangga di 7 kota yaitu Subang, Cirebon, Bogor, Ugan Ilir, Blora, Sidoarjo, dan Sorong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com