Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamatkan Merpati, Pemerintah Terinspirasi Langkah Reindo

Kompas.com - 17/04/2014, 15:56 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan Reindo menjadi perusahaan yang sehat dan terus berkembang membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, terinspirasi melakukan kebijakan yang sama untuk menyelamatkan Merpati dari krisis keuangannya.

Rencananya pemerintah akam membentuk anak perusahaan Merpati. "Model Reindo ini lah yang akan dipakai untuk menyelamatkan Merpati kalau semua pihak setuju," ujar Dahlan Iskan di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Dahlan menjelaskan, Reindo adalah anak perusahan Reasuransi Umum Indonesia (RUI) yang mengalami kesulitan keuangan sama seperti Merpati. Untuk menyelesaikan masalah RUI, Pemerintah membentuk anak perusahaan.

"Dulu ada RUI, perusahaan itu dulu mengalami kesulitan luar biasa, samalah seperti Merpati, utangnya kepada pemerintah banyak. Kemudian pemerintah bentuk anak perusahaan, bersih dari nol tidak ada tanggungan apa-apa, tidak dibebani dosa-dosa masa lalu, ya kayak Reindo ini," katanya.

Menurut Dahlan, sekarang Reindo sudah menjadi perusahaan yang sehat dan lumayan besar. Bahkan Dahlan mengatakan, Reindo sudah mampu mengembalikan utang perusahaan induknya yaitu RUI.

"Intinya pola yang kita pakai ke Merpati itu sudah dibuktikan oleh Reindo. Sehingga Merpati membentuk anak perusahaan dan anak perusahaan ini bekerjasama dengan yang lain. Siapa tau kelak anak perusahaan itu berkembang dan menjadi tanggungan-tangguan itu (Merpati)," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com