Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbal Hasil Koperasi Cipaganti Hanya Terlambat

Kompas.com - 17/04/2014, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada memberikan tanggapan terkait tersendatnya pembayaran imbal hasil kepada investor. Dalam keterangan resminya kepada KONTAN, Cipaganti menegaskan bahwa pembayaran imbal hasil koperasi bukan macet, tapi terlambat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan keterlambatan tersebut. Pertama, harga batubara mengalami penurunan harga sejak tahun 2012 yang menyebabkan koperasi turut mengalami penurunan pendapatan.

Kedua, adanya Undang-Undang Republik Indonesia No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dan peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No 7 Tahun 2012 tentang peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengelolaan dan pemurnian mineral.

"Peraturan tersebut berdampak pada adanya larangan ekspor hasil tambang mineral dalam bentuk bahan baku sehingga aktivitas pertambangan mengalami penurunan," jelas Cece Kadarisman, Sekretaris Koperasi Cipaganti Kamis (17/4/2014).

Terkait hal itu, lanjut Cece, pihaknya sudah mengambil sejumlah langkah. Di antaranya melakukan investor gathering yang dihadiri sekitar 800 orang mitra usaha dan menyampaikan rencana pemulihan dan stabilisasi kewajiban atau bagi hasil kepada mitra usaha.

"Sebagian besar mitra usaha memahami kondisi yang terjadi dan menyetujui rencana yang kami sampaikan," tambah Cece. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com