Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Palsu Banyak Dijual di Situs Jual Beli "Online"

Kompas.com - 23/04/2014, 13:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemberitaan media di Singapura mengenai jam tangan mahal yang dipakai Panglima TNI Jenderal Moeldoko dibantah langsung oleh Moeldoko. Namun, Moeldoko mengaku bahwa barang yang dipakainya bukan jam tangan orisinal.

Jam tangan tipe Richard Mille RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph "Black Kite" yang asli dijual dengan harga sekitar Rp 1 miliar. Namun, Moeldoko mengaku jam bermerek Richard Mille palsu itu hanya dibeli seharga Rp 5 juta.

Barang sejenis ternyata banyak ditemukan di situs jual beli online. Jam yang harga aslinya sangat mahal itu dikloning mirip seperti aslinya atau disebut replika.

Salah satu penjual barang replika jam tangan, Diky, mengatakan, berbagai merek jam tangan ia jajakan lewat forum online. Replika dengan berbagai warna dan detail yang diklaim sangat mirip aslinya dijual rata-rata dengan harga 5 persen dari harga barang asli.

"Kualitas persis asli, tampilan, kehalusan, bahan, fungsi, dan mekanisme mesin, berat, rantai, strap, lume (glow in the dark)," kata Diky, Rabu (23/4/2014).

Sayang, Diky enggan memberi tahu dari mana dirinya mendapatkan jam-jam tersebut. Ia juga mengonfirmasi harga jam seperti milik Jenderal Moeldoko.

"Kalau Richard Mille 011 Felipe Massa Flyback saya jual sekitar Rp 5 jutaan. Itu masih bisa diskon," lanjutnya.(Wahyu Aji)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com