Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha PNM Raih Pmbiayaan Rp 15 Miliar dari Bank Ganesha

Kompas.com - 24/04/2014, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Permodalan Nasional Madani Venture Capital atau (PNMVC) mendapatkan fasilitas pendanaan dari Bank Ganesha untuk pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) senilai Rp 15 miliar.

Iwan Ridwan, Direktur Utama PNMVC, menuturkan Bank Ganesha merupakan pihak swasta pertama yang bermitra dengan PNMVC dalam mendukung pengembangan UKMK.

“Melalui kerja sama ini diharapkan PNMVC dapat berkontribusi lebih besar dalam menggairahkan industri keuangan modal ventura sehingga bisa menjadi alternatif sumber pembiayaan produktif selain dari perbankan,” tuturnya dalam keterangan resmi Kamis (24/4/2014).

Fasilitas tersebut memiliki jangka waktu pengembalian selama 3 tahun. Perjanjian kerjasama diteken oleh Direktur Utama PNMVC Iwan Ridwan dan Presiden Direktur Bank Ganesha Abdul Salam.

Iwan menjelaskan PNMVC didirikan untuk memberdayakan UKMK dan kewirausahaan melalui pola modal ventura. Pemberdayaan UKMK dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi, yang mencakup penyediaan modal dan bantuan manajemen.

“Kami percaya bahwa fokus dan keunikan bisnis akan memperkuat PNMVC sebagai mitra bisnis terpercaya bagi UKM dan koperasi di Indonesia,” jelas Iwan.

Hingga akhir Desember 2013, PNMVC berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 7,1 miliar, meningkat dibandingkan dengan perolehan laba tahun lalu Rp 6,8 miliar. Seiring dengan itu, jumlah aset PNMVC juga meningkat 19,6 persen menjadi Rp 207 miliar dibandingkan dengan pencapaian tahun 2012.

Sementara dari sisi pembiayaan, outstanding-nya mencapai Rp152 miliar atau tumbuh 30 persen jika dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang sebesar Rp117 miliar.

Adapun untuk target tahun 2014, PNMVC menargetkan penyaluran kepada UKMK sebesar Rp 100 miliar. Untuk itu, PNMVC akan terus melakukan kerjasama pendanaan dengan beberapa lembaga perbankan maupun lembaga keuangan yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com