Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO KG: Ini yang Dibutuhkan HR Hari ini

Kompas.com - 28/04/2014, 10:08 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang manajer human resource (HR) kini harus mengetahui persis kondisi riil bisnisnya. CEO Kompas Gramedia Agung Adi Prasestyo memaparkan, ada empat hal yang dibutuhkan HR saat ini.

Pertama, seorang HR harus memiliki winning system dan winning concept. Agung mengatakan, membangun sistem dan konsep, seorang HR harus mengerti business model perusahaan, business process, dan business practices.

"Setelah memiliki winning system dan winning concept, lantas yang diperlukan adalah winning team," ujar Agung, di JW. Marriot, Jakarta, Senin (28/4/2014).

Winning team dibutuhkan untuk menjalankan winning concept. Agung menambahkan, setelah seorang HR memiliki ketiganya, winning system, winning concept, dan winning team, akhirnya, hal ketiga yang dibutuhkan adalah kreativitas dan inovasi.

Agung mengatakan, sayangnya, banyak dari orang Indonesia dipaksa untuk menjadi tidak kreatif, karena sistem pendidikan. "Dari kecil, kita dipaksa kalau menggambar harus ada gunungnya dua, matahari di tengah, kalau perlu ditambahi dengan burung," kata Agung dalam Mega Workshop "HR From The Outside In", oleh Dave Ulrich.

"Semua orang dipaksa masuk ke dalam kenormalan, yang artinya kita tidak dilatih menjadi orang kreatif," lanjutnya.

Dia mengatakan, apa yang bisa diharapkan dari karyawan yang sama sekali tidak kreatif dan inovatif. Lebih lanjut dia mengatakan, yang dibutuhkan HR hari ini adalah ketegasan.

"Mengurus SDM kadang-kadang kita harus berani tegas, karena orang disuruh berubah, susahnya setengah mati," ungkapnya.

Sayangnya, sebut dia, banyak orang yang ternyata juga tidak piawai mengeksekusi. "Sehingga keempat, ketika kita sudah punya semuanya, sistem, konsep, tim, orang kreatif, maka (kemampuan) eksekusi tetap menjadi hal penting," ujar Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com