Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Belum Masuk Kemarau

Kompas.com - 29/04/2014, 14:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan sebagian besar wilayah Indonesia hingga saat ini belum memasuki musim kemarau. Hal itu didasarkan kepada laporan resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang analisis awal musim kemarau.

"Dari awal April 2014 sebagian besar wilayah Indonesia belum masuk musim kemarau. Yang sudah masuk kemarau adalah wilayah Sumatra sejak Januari dan Februari. Bali, NTB, dan NTT sedang transisi memasuki kemarau sejak Maret," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa seusai rapat koordinasi stabilitas pangan di kantornya, Selasa (29/4/2014).

Mengenai prediksi kemungkinan terjadinya fenomena El Nino, Hatta menjelaskan prediksinya adalah kemungkinan tersebut sudah lemah pada bulan April hingga Juni 2014. Sementara itu pada bulan Juli sampai September mendatang telah masuk kategori moderat.

"Kalau dari Jepang bulan April sampai Juni kondisi normal, Juli sampai September lemah. Kalau dari Australia pada April sampai Juli kondisi normal, Agustus sampai september mungkin lemah. Indonesia pada April sampai Agustus normal, tapi September 2014 kemungkinan El Nino lemah," ujar dia.

Pada kesempatan sama, Menteri Pertanian Suswono mengatakan apabila situasi cuaca telah diprediksi normal, pemerintah melalui kementerian terkait untuk mengoptimalkan irigasi. Tujuannya, agar target capaian produksi bahan pangan termasuk beras tetap dapat tercapai.

"Kalau normal paling tidak irigasi kita optimalkan agar sawah tetap ditanam. Biasanya kalau di kemarau produktivitasnya akan meningkat karena penyinaran cukup dibandingkan musim hujan," kata Suswono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com