Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi AS Hanya 0,1 Persen, Cuaca Buruk Disalahkan

Kompas.com - 30/04/2014, 20:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi AS hanya tumbuh tipis sebesar 0,1 persen pada triwulan I-2014, di tengah cuaca buruk yang terus menerus melanda negara tersebut.

Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat sebelumnya sempat menyentuh level 2,6 persen pada triwulan IV-2013. Melambatnya pertumbuhan negara Adi Daya itu lebih tajam dari perkiraan sebelumnya.

Departemen Komersial AS menyebutkan, perlambatan pertumbuhan ekonomi AS dipicu oleh menurunnya kinerja ekspor dan investasi bisnis. Hal lain yang juga menyumbang penurunan itu adalah menipisnya cadangan investasi.

Hal lain yang membuat pertumbuhan AS hanya berada di level 0,1 persen adalah melambatnya kegiatan konsumsi masyarakat. Departemen itu menyebutkan, konsumsi yang paling banyak mencatat penurunan adalah untuk barang-barang non-durable atau yang cepat habis seperti pakaian, makanan dan minuman.

Departemen Komersial tidak memberi komentar atas penurunan pertumbuhan ekonomi tersebut. Namun, bank sentral AS, Federal Reserve menyalahkan cuaca buruk yang melanda sebagian besar wilayah AS sebagai pemicu tipisnya pertumbuhan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com