Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Menunggu Data Inflasi

Kompas.com - 02/05/2014, 08:43 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (2/5/2014). Investor menunggu sentimen dari rilis inflasi dan neraca perdagangan.

Inflasi diperkirakan turun bahkan terjadi deflasi sepanjang April. Secara historis inflasi April trurun.

Sementara neraca perdagangan diperkirakan terjadi surplus lebih tinggi hingga 805 miliar dollar AS. Bursa AS ditutup variatif pada perdagangan Kamis (1/5/2014) dengan indeks Dow Jones turun 21,97 poin atau 0,13 persen, S&P 500 turun 0,01 persen, namun Nasdaq positif 0,31 persrn.

Investor kembali melihat dan menunggu menjelang pengumuman data non farm payroll. Initial jobless claim dilaporkan naik sebanyak 14.000. Nasdaq berhasil menguat ditopang oleh naiknya saham-saham berbasis internet seperti Yelp. Consumer spending dilaporkan menguat tajam dalam 5 tahun terakhir pada Maret, naik 0,9 persen, sementara itu ISM factory index naik ke level 54,9 dari sebelumnya 53,7.

Bursa Eropa juga ditutup variatif dengan sebagiannya libur memperingati hari buruh. Indeks FTSE naik 0,43 persen namun CAC turun 0,23 persen. Saham Lloyd Bank menguat ditopang oleh naiknya keuntungan pada triwulan pertama 2014.

Riset Semesta Indovest menyatakan Bursa Indonesia hari ini diperkirakan berpeluang bergerak positif walau dalam rentang yang tipis didukung oleh tren rebound yang akan berlanjut.

"Indeks EIDO naik 0,43 persen. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain ASII, MLPL, SMRA, PWON dan ADRO," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com